Kecurangan Terstruktur dan Massive

by Sepeda man

Katasandi- Apakah yg dimaksud dengan kecurangan massive dan terstruktur ?

1. Sebuah kecurangan dikatakan massive adalah bila skalanya luas, dan dilakukan dengan pola yg sama.

Misal di kasus aktual seperti PILPRES sekarang ini, bahwa dalam rangka mensiasati agar angka quick account sejalan dengan hitungan KPU, maka dibuatlah kecurangan dengan pola yg sama yaitu dengan cara mengurangi/ menambah angka, membakar formulir C1, mencuri C1, membuka box C1 secara ilegal dll.

Dan bila hal itu terjadinya dimana mana diseluruh Indonesia dengan pola yg sama meski caranya ber beda2, maka itulah yg dikatakan massive.

Meskipun yg ketauan hanya di beberapa titik saja, tapi ternyata sebaran kecurangannya tersebar , maka kecurangan itu adalah massive, sedangkan yg ketauan itu adalah yg sial saja.

2. Pemilu adalah hak konstitusi warga negara. Satu suara saja sangat berarti, bahkan suara seorang profesor dan tamatan SD bernilai sama. Jadi tidak tepat bila seorang profesor mengatakan karena jumlah kecurangannya hanya sedikit, cuma 1000 disebut tidak masif!

Ibarat penyakit DBD, bila ditemukan satu orang saja meninggal, maka yg di foging tidak pernah kita temui hanya di rumah yg bersangkutan saja. Tapi seluruh rumah di sekitarnya, agar tidak menjadi wabah penyakit.

3. Dan bila ternyata penghitungan KPU sengaja dilambatkan, agar pekerja yg curang di lapangan dapat memainkan perannya semaksimal mungkin dengan tujuan untuk menyesuaikan angka2 quick account agar sejalan dengan perhitungan KPU.

Dan bila ada pula aparat/ oknum yang bermain dengan pola yg hampir sama di berbagai tempat .

Dan bila Kecurangan massive juga ternyata terjadi sebelum dan ketika sedang pelaksanaan pemilu. Misalnya sebelum pemilu berlangsung, penetapan DPT, eKTP tercecer, pengerahan pejabat dan aparat (oknum), untuk menggiring suara diseluruh tingkatan..Begitu juga ketika sedang berlangsungnya pencoblosan ada petugas yg ikut bermain.

Maka itulah yg kemudian kita sebut terstruktur .

Jadi pengertian terstruktur dan massive adalah kecurangan tersebut dilakukan dengan pola yg sama dan ada komando meski komando tersebut dibawah tangan. Tidak resmi/ nyata tapi bisa dirasakan .

Salam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *