Dulu, SBY Wacanakan Pindah Ibu Kota, Ini Tanggapan Jokowi

Katasandi- Lain dulu lain sekarang, begitulah gambaran kalimat yang menggambarkan sikap Joko Widodo sebagai presiden Indonesia. Keputusannya memindahkan Ibu Kota dikritik banyak pihak, hal itu dikarenakan beberapa faktor yang sangat penting terutama faktor di sektor ekonomi.

Namun, Jokowi selaku Presiden yang kembali terpilih pada proses pilpres Aprli lalu semakin menunjukkan sikap ngotot nya untuk memindahkan Ibu Kota. Tanpa mendengar usul dan keluh kesah dari masyarakat Jokowi langsung putuskan akan pindahkan ibu Kota ke Kalimantan secara bertahap dan di prediksi akan selesai pada 2024.

Namun, jika kita meninjau sedikit kebelakang saat Jokowi masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, sikap tidak bersahabat terhadap wacana pemindahan Ibu Kota di tunjukkan Jokowi. Dalam arsip sebuah media berikut pernyataan lengkap Jokowi pada masa itu.

Wacana pemindahan ibu kota dari Jakarta ke kota lain yang telah berhembus lama kini kembali diangkat Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Untuk membahas hal tersebut, SBY kini telah membentuk tim kecil.

Menanggapi rencana ini, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengaku tak mengerti bagaimana mekanismenya apabila status ibukota Jakarta dicabut dan dipindah ke daerah lain.

“Saya belum ngerti kok anunya seperti apa, dipindah ke mana? Yang pindah hanya kantornya presiden saja atau semua kantor kementerian. Saya nggak ngerti, jangan tanya ke saya. Tanyanya kok ke saya, emang saya yang pengen mindah (ibukota)?” cetus Jokowi di Balaikota DKI Jakarta, Senin, (9/9/2013).

Jokowi menegaskan, dirinya enggan mengomentari rencana pemindahan ibukota. Sebab rencana pemindahan ibukota sejak awal memang diwacanakan pemerintah pusat.

“Itu kan keputusan nasional, kalau memang sudah diputuskan. Yang di sini kita akan berhitung kembali mengenai perencanaan. Tapi kalau diputuskan ya segera diputuskan,” ujar Jokowi

Mantan Walikota Solo itu sendiri juga mengaku belum tahu rencana SBY membentuk tim untuk menggodok wacana pemindahan ibukota. Juga belum ada pihak istana atau utusan SBY yang menyampaikan wacana tersebut. “Belum ada, saya belum dengar,” tutup Jokowi.”

Sumber: https://m.liputan6.com/news/read/687695/sby-wacanakan-pindah-ibukota-nih-tanggapan-jokowi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *