Sebaiknya Dipimpin non partai. Tentang kemungkinan Yusril mengincar Pimpinan pusat legislasi Nasional

Katasandi- Presiden Joko Widodo membuat sebuah pusat legislasi nasional. Agar terbebas dari komplict interest, sebaiknya Presiden memilih dari non partai. Agar tidak menjadi lebih ruwet dalam men singkronkan peraturan perundangan. Karena ini akan menjadi salah satu legacy bagi pemerintahan Jokowi dimasa yg akan datang.

Belakangan beredar kabar Yusril Ihza mahendra menginginkan juga pos tersebut, seperti yang di sampaikan sekjen Partai Bulan Bintang Ferry Noor menyatakan, ada kemungkinan ketua umumnya, Yusril Ihza Mahendra, memimpin pusat legislasi nasional. Pusat legislasi nasional merupakan badan setingkat kementerian yang pembentukannya diusulkan Presiden Joko Widodo.

“Ini ada satu kementerian badan yang baru disahkan oleh Presiden dan DPR. Badan kementerian legislasi nasional atau apa gitu ya. Mungkin bisa saja Pak Yusril diminta Pak Jokowi di situ nantinya,” kata Ferry saat dihubungi, Minggu (27/10).

Ferry mengatakan, Yusril tentunya akan siap jika kelak Presiden menugaskan langsung untuk memimpin lembaga tersebut. Yusril layak memimpin lembaga tersebut sebab tak banyak orang di Indonesia yang punya pemahaman hukum yang komprehensif.

“Badan ini infonya kan setingkat menteri. Regulasi, melakukan penyetaraan dari produk undang-undang dari pusat sampai daerah. Jadi sinkron. Tidak tumpang tindih. Tugas ini berat sebenarnya,” ujar Ferry.

“Dan, di Indonesia ini yang mengerti dan memahami persoalan hukum dan perundang-undangan ini hanya sedikit. Kalau Pak Mahfud (MD) sudah di Menko (Polhukam). Pak Jimly (Asshiddiqie) sudah di DPD. Tinggal Pak Yusril,” imbuh Ferry.

Sumber: https://nasional.kontan.co.id/news/sekjen-pbb-ada-kemungkinan-yusril-pimpin-pusat-legislasi-nasional

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *