banner 728x250

Ahmad Doli Kurnia Berikan “Kuliah Umum” Sistem Politik, Kepartaian dan Pemilu Pada Peserta Pendidikan Golkar Institute

banner 120x600

Jakarta, Katasandi.id – Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar, Ahmad Doli Kurnia memberikan “Kuliah Umum” tentang Sistem Politik, Kepartaian dan Pemilu di Indonesia pada peserta Executive Education Program For Young Political Leaders (program pendidikan bagi para pemimpin muda) untuk angkatan ke-3, Rabu (25/8/2021) secara daring. Dalam paparannya, ia mengatakan bahwa sistem politik, sistem kepartaian dan sistem Pemilu adalah rangkaian yang tidak bisa dipisahkan.

“Ketiga sistem ini adalah satu kesatuan yang saling keterkaitan. Dengan disampaikannya materi ini, kita berharap peserta pelatihan ini akan bisa memahami sistem politik yang demokratis”, ujar Doli.

Doli memulai paparannya dengan menjelaskan peran dan fungsi partai politik. Partai politik adalah komponen utama dalam demokrasi, sebagai jembatan antara rakyat dengan negara.

“Juga sebagai penyambung aspirasi dari masyarakat. Partai politik ini juga menjadi ciri khas sistem politik demokrasi”, jelas Doli.

Doli kemudian menjelaskan beberapa variabel Pemilu yang kerap menjadi pembahasan dalam setiap revisi Undang-Undang Pemilu yaitu, besaran daerah pemilihan, metode pencalonan, metode pemberian suara dan formula perolehan kursi dan penetapan calon terpilih.

Selanjutnya, Doli yang juga Ketua Komisi II DPR RI itu menjelaskan sejarah sistem kepartaian di Indonesia yang telah ada sejak sebelum kemerdekaan.

“Indonesia itu mengenal partai politik itu diawal 1900an. Kelahiran partai politik itu bersama dengan tumbuhnya identitas keindonesiaan”, jelasnya.

Berkenaan dengan perbaikan sistem politik, Doli menilai perlunya untuk mendorong institusionalisasi partai politik, kompabilitas sistem, serta menyempurnakan sistem Pemilu dan kepartaian.

“Kita harus membangun sistem Pemilu yang dapat bertahan cukup lama”, pungkasnya.(Rls/Ks)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *