by

Anggota DPRD Provinsi Bengkulu Desak Pemprov Buat Aturan Tonase Untuk BORR

Provinsi Bengkulu, Katasandi.id – Sekretaris Komisi III DPRD Provinsi Bengkulu Herwin Suberhani, meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu untuk segera membuat regulasi dan aturan terkait kapasitas tonase muatan kendaraan yang melewati ruas jalan dan jembatan elevated Bengkulu Outer Ring Road (BORR) Nakau-Air Sebakul Kota Bengkulu.

“Setelah kita berkoordinasi, memang tidak ada acara peresmian dari Pelaksana Jalan Nasional (PJN) Balai Bina Marga Provinsi Bengkulu atas jalan dan jembatan itu. Terlebih kapasitas tonase yang sudah ditetapkan sesuai spek rencana awal tonase muatan maksimal 8 ton,” kata Herwin, Minggu, (9/1/22).

Menurut Herwin, dengan aturan terkait regulasi pengaturan tonase muatan kendaraan, Pemprov Bengkulu melalui Dinas Perhubungan (Perhub) agar membuat rambu-rambu kapasitas tonase kendaraan yang melintas. Agar jangan  melebihi kapasitas jembatan yang akan membuat musibah bagi pengguna jalan.

“Pemprov agar memaksimalkan aset jalan tersebut, agar dimanfaatkan dengan kapasitas ketentuan tonase pengguna jalan yang melintasi ruas jalan yang menghabiskan APBN sebesar Rp 18 miliar tersebut,” tegasnya.

Ia juga menekankan agar dinas teknis untuk memonitor dan melakukan pengawasan terhadap penggunaan ruas jalan tersebut. Bahkan ia menyarankan, jika perlu melakukan razia bersama aparat kepolisian dan memberikan sangsi bagi masyarakat yang melanggar.

“Tujuan itu tidak lain untuk pemeliharaan jalan dan jembatan. Saya sependapat jika ada sangsi bagi pihak yang melanggar,” pungkasnya. (Ug/adv)

About Author: Redaksi

Gravatar Image
Katasandidotid Merupakan Media Siber/ Media Online yang bernaung pada Perusahaan, PT. Pemuda Karya Perkasa (PPAT) Deni Yohanes, S.H., M.Kn. Nomor 64. Tanggal 28-01-2021. Katasandidotid Merupakan Media Online/ Siber yang tergabung dalam Organisasi Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Provinsi Bengkulu.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.