by

Buka Acara Bhayangkara Mural Festival 2021, Gubernur Rohidin: Pemerintah Beri Ruang Berekspresi Seluas-luasnya

Provinsi Bengkulu, Katasandi.id – Polda Bengkulu menggelar Bhayangkara Mural Festival 2021 yang memperebutkan Piala Kapolda Bengkulu.

Kegiatan yang diikuti 18 peserta ini juga dalam rangka rangkaian HUT ke – 53 Provinsi Bengkulu.

Hadir membuka acara Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah sekaligus memberikan apresiasi diadakannya kegiatan lomba mural ini.

“Saya sangat berterima kasih kepada jajaran Kepolisian menyediakan media untuk generasi muda khususnya para penggiat, juga pelaku seni Mural, agar bisa berekspresi sesuai dengan kemanfaatannya dan tentu nilai seninya juga dimunculkan di satu sisi. Di sisi lain tentu pesan – pesan edukasi apalagi temanya dalam penanganan COVID-19,” jelas Gubernur Rohidin, Sabtu (30/10/2021) di Lapangan Mapolda Bengkulu.

Mural menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), merupakan lukisan pada dinding. Mural sendiri berasal dari kata Murus dalam bahasa Latin, yang memiliki arti dinding. Maka mural adalah cara melukis atau menggambar di dinding, tembok dan permukaan luas yang bersifat permanen lainnya. Mural menjadi salah satu media komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan kritik, harapan maupun informasi yang bersifat ekspresif.

Gubernur Rohidin pun menambahkan bahwa pemerintah memberikan ruang untuk berekspresi seluas – luasnya dan sebebas – bebasnya tetapi dengan azas kemanfaatan serta tepat, baik dari segi pesan moral, nilai – nilai demokrasi, maupun nilai budaya.

“Saya kira ini salah satu media seni yang selama ini sering digunakan oleh generasi muda untuk menyampaikan ekspresi, ide, gagasan, kritik baik itu kepada kita Pemerintah atau kepada pihak lain. Kalau selama ini dibangun di tempat – tempat tertentu yang mengganggu estetika lingkungan, juga tidak tepat tema dengan situasi dan kondisi. Tetapi kalau kita siapkan medianya, kita arahkan sehingga kebermanfaatannya pasti akan muncul,” terang Gubernur Rohidin.

Kapolda Bengkulu Irjen. Pol. Drs. Guntur Setyanto menjelaskan Polri maupun Polda Bengkulu mengapresiasi para seniman mural untuk berekspresi dan berkarya memberikan pesan – pesan moral kepada masyarakat, karena menurut Kapolda dalam konsep berbangsa dan bernegara investasi yang paling tinggi adalah investasi moral.(Ks/Mc)

#bengkulumaju

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.