by

Danramil Sengah Temila Berkunjung ke Rumah Panjang di Desa Saham

-Berita, TNI-7 views

Landak – Danramil 1201-09/Sengah Temila Letda Arm Suwandi beserta anggota melakukan kunjungan ke Rumah Panjang di Saham dalam rangka mengkabrabkan hubungan dengan warga yang menghuni bangunan Suku Dayak Kanayant ini yang menjadi ikonik di Kecamatan Sengah Temila Kabupaten Landak, Rabu (9/6/2021).

Rumah panjang atau rumah radank ini sudah ada sejak tahun 1875, memiliki panjang 180 meter, dengan bahan bangunan berupa kayu besi atau kayu belian. Terdapat 35 tangga untuk naik ke atas rumah panggung ini dan terdapat 35 pintu masuk yang melambangkan ada 35 kepala keluarga yang tinggal disini dengan ketinggian rumah dari tanah sekitar 4 meter.

Di tempat itu Danramil mengatakan, anjangsana ini sebagai tali asih dan silahturahmi antar Koramil dengan warga setempat yang menghuni rumah ini. Sekaligus melihat situasi dan kondisi wilayah desa sekitarnya.

“Kunjungan ini sebagai bentuk kehadiran Apkowil itu ada dan selalu berada di tengah-tengah masyarakat wilayah binaan,” ucap Letda Arm Suwandi.

Sementara itu, Pasirah Daemen sebagai orang yang dituakan di rumah panjang ini mengatakan, menyambut gembira kedatangan aparat TNI yang membuat suasana menjadi ramai dan anak-anak sangat senang sekali melihat bapak tentara dengan seragam lorengnya yang gagah.

“Kepada Bapak Danramil dan anggota Koramil Sengah Temila, terima kasih banyak atas kunjungan dan perhatian yang diberikan kepada kami, semoga bingkisan yang diberikan bermanfaat buat kami semua disini,” sambut Daemen yang sudah berumur 78 tahun ini. (Mph1201).

About Author: Redaksi

Gravatar Image
Seorang Organisatoris yang memulai karir Organisasi Kemahasiswaan di Universitas Prof. Dr. Hazairin, S.H Bengkulu. Pernah Menjabat Ketua Umum Dewan Perwakilan Mahasiswa Universitas (DPMU) Tahun 2015 Sistem Pemerintahan Legislatif Mahasiswa dan juga merupakan Alumni dari Forum Lembaga Legislatif Mahasiswa Indonesia (FL2MI)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *