oleh

Dukung Olahraga Rekreasi, GenPI Bengkulu bersama SMSI Gelar Fun Bike Indonesia Bugar

Katasandi.id, Bengkulu – Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Provinsi Bengkulu mendorong giat destinasi wisata berbasis olahraga dan rekreasi.

Hal itu dibuktikan dengan adanya pelaksanaan Fun Bike Indonesia Bugar dalam peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke 39 di Provinsi Bengkulu, Minggu (25/9/2022).

Kegiatan ini merupakan hasil kolaborasi GenPI Bengkulu bersama SMSI Bengkulu atas dukungan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Polres Bengkulu, Bank Bengkulu, United Bike, Toko Sepeda Mas Bengkulu, Crystalin, dan Baznas.

Ketua GenPI Provinsi Bengkulu, Abd Khafi mengatakan giat olahraga rekreasi masyarakat berguna untuk mendongkrak sektor pariwisata. Sebab, tak seperti cabang olahraga umum, olahraga rekreasi justru memiliki ciri khas lokal.

“Dengan adanya olahraga rekreasi ini, kita sudah memacu sebuah potensi yang membantu upaya pemerintah dan kota dalam mewujudkan ekonomi hijau berkelanjutan. Selain dapat menjaga kesehatan, juga turut mengenalkan objek wisata daerah,” katanya.

Pelaksanaan Fun Bike dengan rute Objek Wisata Pantai Panjang Kota Bengkulu yang melewati berbagai destinasi seperti, Taman Pantai Berkas, dan Benteng Malborough dinilai dapat membangkitkan pariwisata daerah dan momentum olahraga nasional.

“Olahraga rekreasi berasal dari lokal kemasyarakatan. Seperti bersepeda melewati objek wisata yang dapat dinikmati sekaligus berfoto ria,” paparnya.

Kekhasan olahraga rekreasi masyarakat dikemas berdasarkan kearifan lokal. Umumnya berisi rutinitas masyarakat setempat yang dijadikan sebagai hiburan.

Khafi menerangkan, sesuai program pemerintah kompetisi atau kegiatan serupa dapat dimanfaatkan untuk mendulang Pendapatan Asli Daerah atau PAD.

“Selain PAD yang bisa diambil oleh pemerintah daerah, masyarakat juga bisa dilibatkan dengan penyediaan sepeda untuk olahraga. Sisi lainnya pelaku UMKM di sekitar pantai juga mendapat berkah dari rantai olahraga rekreasi ini,” kata Khafi.

Oleh karenanya, ia mengajak pemerintah dan masyarakat memanfaatkan momentum untuk membangkitan olahraga nasional, sektor pariwisata yang nantinya dapat membawa pemulihan ekonomi bagi Bengkulu.

“Jika sudah dapat sehat, pariwisata bangkit, juga ekonomi akan pulih,” tukasnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *