by

Ketua DPW PSI Bengkulu Bung Yogi,Kunjungi Lokasi Pembibitan Porang

Bengkulu, Katasandi.id – Sepertinya perjuangan Ketua DPW PSI Bengkulu,Yogi Permadani yang biasa di sapa Bung Yogi untuk melakukan pengembangan tanaman jenis porang di wilayah provinsi Bengkulu segera terwujud. Hal ini terbukti ketika Bung Yogi menggunjungi tempat areal pembibitan budidaya porang, pada kamis (3/6/21) kemarin.

Bung yogi bersama beberapa anggotanya dari partai PSI Bengkulu mendatangi lokasi pembibitan budidaya porang di jalan kesehatan Kota Bengkulu, Ternyata pembibitan Porang tersebut telah di lakoni oleh Supriadi alias Babe selama 2 tahun terakhir dan berhasil di budidayakan, serta menjadi tumbuh subur.

“Saya melakukan pembibitan tanaman porang ini selama 2 tahun dan hasil pertumbuhannya sangat subur sehingga siap untuk di kembangkan,’’ tuturnya.

Ia juga, menyampaikan dalam penaman porang ini sangat mudah untuk di lakakunan  berbeda dengan tanam lainnya karena tanaman porang ini sangat mudah tumbuh.Tetapi meskipun porang itu mudah tumbuh,cara pengelolaan nya harus benar-benar memahami.

“Selama ini belum ada kendala dalam penanaman porang ini, malahan cara menanam dan merawatnya lebih mudah,dan kita juga harus mengerti cara pengelolaannya” ungkapnya.

Ketua DPW Partai Solidaritas Indonesia Bung Yogi, menggatakan kunjugannya ke tempat pengembangan porang tersebut untuk melihat langsung cara pembibitan,dan cara pengelolaannya,karena rencananya ketika masyarakat sudah banyak yang menanam porang, ia akan membangun pabrik,sekaligus menampung hasil budidaya porang dari para petani lokal.

“ Kunjungan saya ke tempat pembibitan tanaman porang ini,ingin melihat langsung cara pembibitan dan pengelolaannya. Karna  kalau masyarakat petani sudah banyak yang menanam porang ,rencana kita akan membangun pabrik,guna untuk menampung hasil tanaman porang dari masyarakat”  kata Bung Yogi  saat di temui awak media di Sekretariat DPW PSI Bengkulu, di Jalan Fatmawati Kota Bengkulu, pada Senin (7/6/2021).

Dikatakan, Bung Yogi sebenarnya tanaman porang ini sangat bagus untuk dikembangkan di Indonesia dan Bengkulu khususnya, karena tanaman ini bisa tumbuh subur pada ketinggian antara 1 meter hingga 600 MDPL di wilayah Bengkulu, sangat cocok sekali dengan Iklim di Bengkulu. Tanaman porang ini sendiri sangat bagus untuk jadi bisnis dalam dunia pertanian, karena di samping cara merawatnya harus benar-benar menguasain dan menggelolahnya sangat gampang, serta juga proses pertumbuhannya sangat cepat, sehingga berbeda dengan tanaman yang lainnya.

“Tanpa kita sadari tumbuhan porang ini sangat mudah untuk di tanaman dan juga perawatannya lebih gampang, pokoknya sangat cocoklah untuk di kembangkan di Provinsi Bengkulu,” Ungkapnya

Kami juga dalam hal ini sudah mensosialisasikan mengajak kerjasama pihak pemerintah untuk budidaya tanaman Porang ini, tapi belum ada respon. Akan tetapi kebanyakan bisnis dunia tanaman ini memang di anggap 80% menggalami gagal, inilah sebabnya bisnis tanaman kurang di minati untuk di geluti dalam bisnis berupa tanaman.

“Kita sudah di sosisalisasikan kepada Pemerintahan Provinsi untuk kerjasama dalam bisnis budidaya porang ini, namun belum ada di respon. memang bisnis tanaman sendiri kurang banyak yang minat, karena di anggap sering menggalami gagal panen dan juga modal awalnya harus besar. Eronisnya lagi saat musim panen harganya anjlok, pemikiran seperti inilah yang membuat masyarakat kurang minat dalam menggembangkan usaha tanaman porang tersebut,” jelas Bung Yogi.

 

Lanjut Bung Yogi untuk saat tanam porang memang belum banyak di kembangkan terutama di Bengkulu. hal ini wajar saja jika masyarakat bertanya-tanya mengenai tanaman porang ini seperti apa dan juga apa kegunaannya.

“Dalam situasi pandemi seperti ini, saya mengajak masyarakat bahwa tanaman porang ini sangat menghasilkan, karena keberhasilannya sudah terbukti di daerah lain dan mampu membangkitkan ekonomi masyarakat. Namun tidak muda mengubah mainset petani sehingga butuh sosialisasi terus dan juga peran dari teman-teman media sangat di butuhkan,” Ujarnya.

Untuk keberhasilan tanaman porang ini tidak perlu di ragukan lagi, karena pembangunan pabriknya kita akan siapkan,untuk menanpung hasil dari tanaman ini.

“Saya sudah membuktikan sendiri jadi tak perlu ragu untuk menanam tanaman porang ini, saya juga sudah mendirikan perusahaannya di Purwokerto dan sudah beroperasi sejak lama,selanjutnya kita akan kembangkan di bumi rafflesia, dengan tujuan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat petani di provinsi Bengkulu”Terang Bung Yugi. (Ks)

 

About Author: Redaksi

Gravatar Image
Seorang Organisatoris yang memulai karir Organisasi Kemahasiswaan di Universitas Prof. Dr. Hazairin, S.H Bengkulu. Pernah Menjabat Ketua Umum Dewan Perwakilan Mahasiswa Universitas (DPMU) Tahun 2015 Sistem Pemerintahan Legislatif Mahasiswa dan juga merupakan Alumni dari Forum Lembaga Legislatif Mahasiswa Indonesia (FL2MI)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *