by

Kongres KNPI di Malut Dibuka, Ipar Presiden Jokowi Jadi Keynote Speaker

Maluku Utara, Katasandi.id – Kongres XVI Pemuda/KNPI (Komite Nasional Pemuda Indonesia) resmi dibuka oleh Gubernur Maluku Utara (Malut), KH.Abdul Gani Kasuba, di Aula Kantor Gubernur Malut, di Sofifi, Kota Tidore Kepulauan, Malut, Minggu (15/05/2022).

Gubernur Maluku Utara, KH.Abdul Gani Kasuba mengaku salut pada panitia penyelenggara karena kegiatan ini bisa terlaksana dengan baik walau persiapan pelaksanaannya sangat singkat, sekira 2 pekan saja.

“Dua minggu saja. Seperti tidak mungkin dan bisa karena anak muda yang melakukannya itu. Saya kira kalau orang tua, saya kira akan berfikir 1000 langkah. Tapi hari ini jadi bukti berkumpulnya anak muda dari 34 provinsi seluruh Indonesia,” ujar Gubernur Malut.

Khusus kepada Ketua Umum KNPI, Haris Pertama, Gubernur Malut berpesan agar kekuatan anak muda bisa menjadikan sofifi sebagai ibukota definitif provinsi Malut.

Gubernur Malut juga sangat mendukung pelaksanaan Kongres XVI Pemuda/KNPI ini, karena sehari sebelum pembukaan sedang mengikuti kegiatan yang dihadiri sejumlah Gubernur di Palu Sulawesi Tengah.

Sementara itu, Ketua Umum KNPI, Haris Pertama dalam sambutannya mengaku berterima kasih pada delegasi KNPI yang hadir.

“Terimakasih pada delegasi KNPI dari 34 provinsi yang hadir di Kongres KNPI XVI ini, termasuk dari Papua Barat yang dipimpin Dr.Samy Saiba.” sebut Ketua Umum DPP KNPI, Haris Pertama.

Berdasarkan laporan ketua panitia, Andi Fajar Asti bahwa dari 101 Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) yang diundang untuk mengikuti pelaksanaan kongres, hingga pembukaan kegiatan berlangsung, jumlah OKP yang hadir 87 dan sebahagian yang belum datang telah mengkonfirmasi panitia pelaksana sedang dalam perjalanan.

Terlihat juga di arena Kongres, ratusan Personel gabungan dari Polda Malut, Polres Tidore dan Polres Ternate dikerahkan untuk mengawasi dan melakukan pengamanan yang dipimpin langsung Kapolda Malut, Irjen (Pol) Risyapudin Nursin. Sejumlah pos pengamanan didirikan, disejumlah titik demi menyukseskan jalannya kongres.

Untuk diketahui, Ketua Mahkamah Konstitusi, Anwar Usman yang merupakan ipar Presiden RI, Joko Widodo telah hadir di Kota Ternate untuk menjadi Keynote Speaker dalam dialog kebangsaan yang digelar penyelenggara Kongres KNPI hari ini, Senin (16/05/2022) di Royale Function Hall Kota Ternate.

Selain Anwar Usman, Artis Ibu Kota, Sigit Purnomo Syamsuddin Said atau Pasha Ungu yang merupakan Ketua Umum DPP Barisan Muda Penegak Amanat Nasional (BM PAN) juga telah menginjakkan kaki di Kota Ternate untuk mengikuti pelaksanaan Kongres. (Sumber: Menaraindonesia.com)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.