banner 728x250

Pengamat : KTT G20 Berjalan Sukses

Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20
banner 120x600

Katasandi.id – Pemerintah Indonesia dinilai sukses menjalankan Presidensi G20 Indonesia sepanjang 2022. Puncak acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 berhasil melahirkan G20 Bali Declaration Leaders. “Dalam penyelenggaraan, sampai saat ini sudah sukses. Karena sudah berjalan dan ada beberapa pertemuan seperti working grup, bilateral, dan pertemuan lainnya. Dari segi ini sudah berhasil,” kata Analis Hubungan Internasional Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Adriana Elisabeth, Rabu (16/11/2022).

Menurut Adriana, menjadi tuan rumah untuk KTT G20 di tengah konflik antara Rusia dan Ukraina bukan sesuatu yang mudah. Apalagi, dia melanjutkan ketika 17 dari 20 kepala negara dan kepala pemerintahan anggota G20 hadir di konferensi, hal itu merupakan pencapaian yang luar biasa.
“Indonesia bisa meyakinkan negara-negara G20 untuk hadir di Bali,” ujarnya.

Poin keberhasilan Indonesia sebagai tuan rumah KTT G20, lanjut Adriana, juga dari datang dari ungkapan apresiasi sejumlah pemimpin negara, salah satunya Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden.

“Ada pernyataan terima kasih dan hormat atas kepemimpinan Indonesia selama satu tahun ini, karena komitmen pada upaya perbaikan ekonomi, kesehatan, dan perubahan iklim global,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *