banner 728x250

Solusi Cerdas Bangken DPD RI Mengenai Persoalan Sampah di Kota Bengkulu

Foto: Bangken Anggota DPD RI Dapil Bengkulu
banner 120x600

Kota Bengkulu, Katasandi.id- Anggota DPD RI H. Ahmad Kanedi SH.,MH sangat mendukung program Pemerintah Kota Bengkulu dalam mengatasi permasalahan sampah. Menurut Bangken dalam mengatasi persoalan sampah ini Pemerintah Kota seharusnya membuat suatu program yang konkret yang dapat dirasakan oleh masyarakat.

“Perlu di atur konsep sebuah program mengenai  permasalahan sampah ini, sebenarnya sampah dapat menjadi berkah bagi warga Kota Bengkulu jikalau ada program mengenai permasalahan sampah ini. Salah satu contoh Membuat program “Bank Sampah”, terang Bangken kepada Media ini Rabu, (31-03/2021)

Dijelaskan kembali oleh Bangken yang juga Mantan Walikota Bengkulu Periode 2007-2012 ini, untuk program “Bank Sampah” itu nanti diatur dari mulai tingkat bawah hingga Tingkat atasnya diatur bagaimana sistem yang bekerja. Setelah itu nanti disiapkan tenaga terampil yang dapat mengelola program tersebut.

“Sampah pun sebenarnya masih dapat di kelola misalnya sampah rumah tangga, sampah rumah tangga ini jangan di anggap sepele karena jumlah penduduk semangkin banyak, tentu setiap hari sampah pasti bertambah, jika di hitung setiap rumah sekota Bengkulu, kalau di kumpulkan sampahnya puluhan ton bahkan bisa ratusan ton perhari. Kalau sampah ini dikelola malah bisa menambah lapangan kerja serta penghasilan masyarakat. Namun disisi lain Pemerintah Kota harus bersinergi bersama masyarakat untuk mengelolah sampah ini supaya bisa di manfaatkan, dengan cara membuat Bank sampah di setiap kelurahan hingga ke tingkat RT, untuk menampung sampah rumah tangga, seperti plastik, kardus, almanium, besi, dan lain-lain. apalgai saat ini massa pandemi menjadi peluang bagi masyarakat kota Bengkulu sebagai lapangan pekerjaan dan menambah penghasilan”, Jelas Bangken.

Ia juga menambahkan sebaiknya Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/kota sudah saatnya bersinergi, untuk mengatasi permasalahan sampah ini. Selain itu, masyarakat juga harus menyadari bahwa sampah ini merupakan pontensi Ekonomi kreatif. Agar bersama Pemerintah Kota untuk saling mendorong demi mewujudkan pola hidup sehat, karena sampah ini membawa berkah untuk warga Kota Bengkulu bila di kelola dengan benar, Tutup Bang Ken.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *