by

Studi Kunjungan ke DPR RI, Peserta Pendidikan Golkar Institute Dibekali Wawasan Kepartaian dan Sistem Politik

Jakarta, Katasandi.id – Golkar Institute kembali menyelenggarakan Executive Education Program For Young Political Leaders (Progam Pendidikan Eksekutif Untuk Pemimpin Muda) Angkatan ke-6. Acara ini dimulai sejak 14 Maret hingga 19 Maret 2022 nanti. Pada hari ketiga pendidikan, Rabu (16/3/2022), para peserta melakukan studi kunjungan ke Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) dan diterima Fraksi Partai Golkar.

Pada studi kunjungan ini, para peserta mendapatkan materi tentang Partai Politik dan Sistem Pemilu di Indonesia, yang disampaikan Ahmad Doli Kurnia, Ketua Komisi II DPR RI. Kepada para peserta, Doli menerangkan sejarah lahirnya partai politik di Indonesia.

“Lahirnya parpol itu bersamaan dengan tumbuhnya identitas keIndonesiaan. Waktu itu Pak Karno (Sukarno) punya ide gagasan partai tunggal,” jelas Doli.

Dalam perkembangan selanjutnya, Pemerintah Indonesia pada 3 November 1945 mengeluarkan Maklumat Pemerintah No. X yang ditandatangai Muhammad Hatta tentang Pendirian Partai Politik. Menurut Doli, inilah titik awal dari penerapan sistem multipartai di Indonesia.

Selanjutnya, Doli juga mengingatkan pentingnya partai politik dalam sistem demokrasi Indonesia. Ia juga menyebut bahwa berdirinya Partai Golkar sejak awal menunjukkan dirinya sebagai partai politik modern.

“Tidak ada demokrasi di dunia ini tanpa partai politik. (Partai politik) sebagai peserta Pemilu yang jadi jembatan rakyat dengan Pemerintah,” kata Doli.

“Golkar, sejak awal sudah mencerminkan sebagai partai politik modern,” tambah Doli.(GI/AT)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.