by

Teknik SEO Ampuh Untuk Traffic Website

Katasandi.id – Teknik SEO banyak diterapkan untuk membuat website menjadi berkembang dan banyak dikunjungi. Namun, fungsi dari SEO ini tidak hanya sekedar itu. SEO tidak hanya sekedar meningkatkan rangking saja tetapi juga meningkatkan kualitas website.

Jadi, pengunjung yang membuka artikel tidak hanya mampir tetapi dapat memenuhi tujuan mereka. Dengan begitu, SEO akan bermanfaat untuk memudahkan pengunjung menemukan website, menjaring target yang tepat, membangun branding, sampai meningkatkan penjualan.

Apa Itu SEO 
SEO atau Search Engine Optimization adalah teknik yang berfungsi untuk melakukan optimasi pada website sehingga berkesempatan menduduki peringkat teratas di Google. Oleh sebab itu, banyak orang berlomba-lomba untuk menerapkan teknik SEO di website mereka.

Fungsinya dapat dimanfaatkan guna kepentingan bisnis maupun pribadi. Ada berbagai kepentingan pemilik website yang dapat dicapai. Contohnya seperti memberikan pengetahuan, meningkatkan branding, menambah jumlah pelanggan produk, membuat bisnis terkenal, dsb.

Penerapan teknik SEO yang benar akan membuat website meningkat jumlah pengunjungnya. SEO akan memperluas kesempatan bisnis Anda sehingga dapat dimanfaatkan untuk investasi jangka panjang.

Teknik SEO Ampuh Untuk Traffic Website
Berikut ini adalah teknik yang membuat website SEO Anda banyak dilihat oleh pengunjung.

1. Manfaatkan Google Search Console 
Google Search Console adalah sebuah platform yang sangat berguna bagi pemilik website. Dengan adanya platform ini membuat Anda bisa mengetahui kinerja dari website. Disana akan muncul grafik kinerja sehingga Anda bisa mengambil keputusan bagaimana cara meningkatkan performa website lebih baik lagi.

Ada pula fitur yang bisa menampilkan domain yang memberikan link agar bisa mengakses website Anda. Ini akan berguna untuk mengetahui seberapa jauh berkembangnya website dibandingkan saat awal-awal membuatnya.

2. Tingkatkan Kecepatan Website 
Kecepatan website yang baik merupakan teknik SEO yang tidak boleh dianggap remeh. Pengunjung akan kesal jika loading ke website Anda terlalu lama sehingga mereka tidak akan mengunjungi website Anda lagi bahkan keluar dari website dalam beberapa detik saja.

Banyaknya bounce rate akan mengganggu website SEO sehingga bisa menurunkan peringkatnya. Jadi, diperlukan cara untuk meningkatkan kecepatan website.

Salah satu caranya yaitu memilih domain hosting yang tepat. Hosting yang memiliki kapasitas besar akan meningkatkan kecepatan loading website.

Sedangkan domain yang tepat dan mudah diingat membuat pengunjung mudah menghafal website Anda sehingga cocok untuk strategi branding. Untuk mendapatkan domain murah, bisa menggunakan penyedia layanan Niagahoster.

Disana, Anda bisa menemukan berbagai jenis domain sesuai dengan kebutuhan website yang diinginkan.

3. Buat Sitemap
Sitemap juga penting untuk membuat website SEO. Sitemap sendiri adalah daftar halaman situs yang dapat diakses pengunjung. Dengan memasukkan sitemap akan memudahkan search engine untuk melakukan indexing pada url konten Anda.

Tak hanya itu, sitemap juga berfungsi untuk memberitahukan informasi perubahan website jika pemilik website melakukannya. Ada dua jenis sitemap yang digunakan yaitu sitemap XML yang dapat dijangkau oleh mesin telusur dan ada juga sitemap HTML yang bisa diakses pengunjung.

4. Gunakan Google Analytics 
Fitur lain yang disediakan oleh Google yaitu Google Analytics. Platform ini juga perlu diinstal di website Anda. Fungsinya adalah untuk melihat hal berkaitan dengan pengunjung. Contohnya adalah pergerakan pengunjung yang mengklik konten Anda.

Konten mana yang paling banyak dibuka pengunjung dan konten mana yang sepi pengunjungnya. Jadi, penggunaan Google Analytics bisa membuat pemilik website mencari strategi untuk website SEO mereka.

5. Riset Keyword 
Teknik SEO yang sudah umum dilakukan oleh konten kreator adalah melakukan riset keyword. Hal ini merupakan faktor penting yang tidak boleh terlewat. Carilah keyword mana yang banyak diminati dan dicari di mesin penelusuran.

Untuk melakukan riset keyword, perlu memperhatikan beberapa faktor, diantaranya adalah:

  • Volume pencarian: banyaknya orang yang menggunakan keyword tersebut.
  • Tingkat kesulitan: melihat tingkat kesulitan keyword berada di peringkat pertama.
  • Saran kata kunci: lihat keyword yang sering muncul ketika Anda memasukkan kata kunci yang dicari dalam mesin pencarian.
  • SERP: website yang sudah mendudukan peringkat teratas ketika memasukkan kata kunci tersebut.
  • Search intent: keinginan pengunjung ketika mereka memasukkan kata kunci. Jadi, perhatikan konten yang berkualitas dan relevan dengan keyword bukan hanya klikbait semata.

6. Lihat Link yang Error 
Bagi pemilik website, Anda harus rajin untuk melihat apakah ada artikel yang linknya error. Hal ini akan mempengaruhi website SEO Anda. Setiap artikel umumnya mengandung link baik itu internal atau eksternal.
Link ini bermanfaat untuk memudahkan pengunjung mengunjungi situs yang Anda inginkan. Namun, akan menjadi masalah jika link tersebut rusak dan muncul tulisan error. Pengunjung akan merasa seperti ditipu sehingga mereka lebih memilih website lain.

Untuk menghindarinya, periksa link dan segera perbaiki jika mengalami kerusakan. Anda bisa memanfaatkan Google Search Console untuk memeriksa link tersebut.

Kesimpulan 
Salah satu untuk membuat teknik SEO ampuh yaitu menggunakan domain hosting yang berkualitas agar kecepatan website menjadi stabil. Anda bisa membeli domain tersebut di penyedia layanan profesional dan besar yaitu Niagahoster.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.